Tips Menjalankan Organisasi Yang Baik dan Sehat

Mengesampingkan semua ilmu dan teori tentang manajemen organisasi, saya ingin memberikan beberapa tips terkait bagaimana kita dapat menjalankan sebuah organisasi sosial masyarakat.


  1. Memiliki konsep yang baik
    Sebuah organisasi harus memiliki konsep pengembangan yang jelas dan terarah. Mengetahui dan memahami tujuan dasar pembentukan organisasi merupakan salah satu syarat agar pengelolaan organisasi dapat terorganisir dengan baik dan sehat. Setelah memahami tujuan dan maksud pembentukan organisasi, maka kita dapat menentukan visi dan misi dari kepengurusan organisasi.
    Visi dan misi inilah yang harus dipegang teguh oleh seorang "leader" organisasi sehingga segala macam konsep perencanaan dapat terarah dan tidak amburadur.
    Visi dan Misi yang telah ditetapkan harus diterjemahkan kedalam program kerja dalam satu tahun berjalan. Secara konseptual memang perencanaan tidak selalu terlaksana sepenuhnya, akan tetapi perencanaan yang baik dapat membuat pengelolaan organisasi menjadi terarah dan tertata.
  2. Memiliki daya dukung
    Daya dukung merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam pengelolaan organisasi. Daya dukung yang terdiri dari Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Finansial merupakan dua hal yang sangat diperlukan. Namun disini saya ingin menjabarkan lebih kepada Sumber Daya Manusia.
    Menyadari bahwa Organisasi Sosial sangat "sepi" peminat dijaman milenial ini, maka akan menjadi sebuah tantangan tersendiri ketika kita harus mengumpulkan orang-orang yang mampu bekerjasama dengan kita sebagai pemimpinnya.
    Oleh sebab itu, dalam pengelolaan organisasi yang baik maka seorang leader harus memiliki daya dukung yang sempurna. Memiliki tim kerja yang sangat luar biasa karena dengan dimikian kita dapat menyelesaikan persoalan-persoalan ataupun melaksanakan kegiatan-kegiatan dengan baik.
  3. Penataan Kebijakan
    Memiliki konsep dan daya dukung yang baik masih belum menjadi jaminan untuk menjalankan organisasi dengan baik. Harus adanya penataan kebijakan yang sempurna. Dalam hal ini adalah berani mengambil keputusan dan berani mengambil resiko. Sistem pengembilan keputusan yang baik, adalah sistem keputusan yang berdasarkan musyawarah atau mufakat. Libatkan orang-orang yang "memiliki daya dukung" untuk mengambil sebuah keputusan bersama. Dengan demikian hal itu akan menjadi tanggungjawab bersama untuk melaksanakannya

Demikianlah beberapa tips yang mungkin perlu saya sampaikan kepada Kakak-kakak semua dalam pengelolaan organisasi.

Pito Keraf - Lewoleba, 3 Oktober 2018

Author
Pito Keraf
Penulis Senior

Pito Keraf

You May Also Like