Apa Itu Tahun Anggaran?

Seringkali kita mendengar baik itu di televisi maupun di media-media lainnya istilah Tahun Anggaran. Bagi sebagian orang mungkin sudah sangat paham penggunaan dua buah kata ini, namun terkadang banyak orang salah menempatkan atau menggunakan kata-kata ini dalam sebuah kalimat.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tahun Anggaran adalah Waktu yang terdiri dari 12 bulan yang dijadikan sebagai perhitungan anggaran.

Nah dari pengertian diatas, dapat kita ketahui bahwa Tahun Anggaran sangat identik dengan proses penggunaan atau pengelolaan keuangan oleh suatu organisasi selama 1 tahun (12 bulan). Yang mana masa atau waktu 1 tahun anggaran dihitung mulai dari 1 Januari sampai dengan 31 Desember tahun tersebut.

Terkadang mungkin kita binggung, bagaimana bisa jika sesuatu hal yang ingin dijelaskan atau dilaporkan bukan menyangkut keuangan, akan tetapi tetap menggunakan istilah Tahun Anggaran. Nah penjelasannya adalah, karena suatu kalender kegiatan atau program kerja tahunan tetap membutuhkan biaya pelaksanaan dan tentunya berhubungan dengan keuangan.

Itulah sebabnya mengapa meskipun jenis kegiatan atau jenis laporannya bukan menyangku pengelolaan keuangan akan tetapi istilah Tahun Anggaran kerap sekali kita jumpai.




Author
Pito Keraf
Penulis Senior

Pito Keraf

You May Also Like