admin[at]oranglembata.com
+62 8530 3086 4346

Beginilah Cara Membuat Ikan Asin Secara Tradisional


Ikan asin merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang kerap kita jumpai diberbagai tempat di Indonesia. Ikan asin menjadi salah satu makanan yang sangat mudah dijumpai karena hampir sebagian besar masyarakat Indonesia bermata pencaharian sebagai nelayan. Dengan pengolahan yang sangat tradisional, ikan asin menjadi makanan khas yang sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat.

Dari berbagai daerah tentu mempunyai ciri khas tersendiri untuk mengolah ikan asin, namun secara umum berikut cara pembuatan ikan asin yang dapat kita buat dirumah :

  1. Siapkan ikan segar sebagai bahan utama ikan asin. Ikan kecil seperti teri tak perlu disiangi, berbeda dengan ikan besar seperti tenggiri, tongkol, atau kakap. Ikan besar perlu dibersihkan sisik, insang, dan isi perutnya.
    Tubuh ikan besar juga perlu dibelah dari punggung ke perutnya namun tak sampai putus, sehingga menghasilkan bentuk seperti kupu-kupu. Sementara itu, ikan berukuran sedang seperti ikan kembung bisa dibelah maupun tidak dibelah.
  2. Siapkan larutan garam (NaCl murni) dengan konsentrasi 30-50%. Larutan garam yang lemah membutuhkan kira-kira 120 gram garam per satu liter air, sedangkan larutan garam yang kuat menggunakan sekitar 270 gram garam dalam satu liter air.
  3. Masukkan ikan di larutan garam hingga tenggelam. Beri pemberat agar ikan tak mengapung. Rendam selama 1-2 hari, tergantung ukuran ikan, kekuatan larutan garam, dan tingkat keasinan yang diinginkan. Menurut situs Fish Files, selama proses perendaman, usahakan suhunya sejuk atau maksimal 20 C. Jika udara panas, tempatkan rendaman ikan di kulkas.
  4. Setelah direndam, cuci ikan dengan air bersih dan jemur sampai kering. Menurut situs Downhome, ikan yang sedang dijemur sebaiknya dimasukkan ke ruangan di malam hari dan saat cuaca sedang lembap karena air menghambat proses pengeringan. Ikan yang tak diawetkan dengan baik bisa menurun kualitasnya, bahkan busuk.

Itulah salah satu cara pembuatan ikan asin yang kerap kita jumpai dibeberapa daerah di Indonesia. Cara pengolahan ini dapat berbeda di setiap daerah di Indonesia, begitu pula cara penyajian dan rasanya.

Ikan asin menjadi salah satu makanan khas di daerah kami, Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur. Bagi teman-teman yang datang berkunjung ke Lembata jangan lupa untuk mencoba ikan asin khas lembata yang dapat di beli di Pasar TPI Lewoleba dengan harga murah meriah.