Forum PRB Lembata Berikan Materi Kebencanaan di SMPS Ile Lewotolok

Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Kabupaten Lembata kembali memberikan materi penanggulangan bencana terhadap 27 siswa-siswi peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMPS Ile Lewotolok pukul 10.00 Wita, Rabu (17/7). Tidak hanya materi penanggulangan bencana, para peserta ini pun diberikan permainan untuk mengasa kemampuan mereka.

Perwakilan, Forum PRB Kabupaten Lembata, Acan Raring menyampaikan, kegiatan ini merupakan inisiasi pihak yayasan dan pengelola sekolah SMPS Ile Lewotolok dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru tahun  pelajaran 2019/2020.


"Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Permendiknas Nomor 18 Tahun 2016 tentang MPLS yang mana pada poin lima  mengisyaratkan tentang simulasi penanggulangan bencana," ungkap Acan.
Meski hanya teori penanggulangan bencana yang dapat diberikan, namun peserta didik menerima materi dengan antusias. Selain itu, dalam kesempatan tersebut Forum PRB juga menyampaikan potensi bencana yang dapat terjadi, khususnya di Kecamatan Ile Ape.






"Yah, sementara kita lebih banyak memberikan teori dulu. Ada praktek kecil sebagai contoh agar mereka paham. Namun, simulasinya belum bisa dilaksanakan. Karena masih mengecek dulu kesiapan peserta yang lain. Tapi ini satu tindakan yang baik untuk pendidikan bencana di lingkungan sekolah," pungkasnya. (***)

Penulis : Ayu Zanita

Author
Pito Keraf
Web Developer

Pito Keraf

Perubahan tidak akan pernah terjadi bila tidak ada seorangpun yang memulainya. Kebaikan adalah kunci dari kesuksesan, berbuatlah itu

You May Also Like