Ini Cara Membuat Artikel Kita Menarik

Berbagai usaha telah kita lakukan saat memulai menjadi pengelola blog atau website untuk meningkatkan pengunjung. Sebagaimana semua blogger inginkan terhadap blog atau web mereka yaitu tulisan atau artikel yang mereka buat harus mampu "membius" para pengunjung untuk selalu datang atau berkunjung ke blog atau website mereka. Dengan demikian banyak sekali blogger saat ini yang terus berlomba-lomba untuk membuat tulisan yang menarik bagi setiap pengunjungnya.


Namun tidak jarang pula para blogger akhirnya terjebak dengan usaha mereka itu. Mereka akhirnya mengabaikan "keindahan" artikel dan lebih mengedepankan SEO (Search Engine Optimation) sehingga memperoleh page rank google yang tinggi. Hal ini juga tidak salah, tetapi sebenarnya jika boleh dibilang bahwa SEO adalah bagian terakhir dari semua usaha kita dalam menjadi blogger yang handal.

Google memang menggunakan SEO untuk pendataan website kita agar masuk dalam index mereka, akan tetapi itu hanyal sebuah syarat awal. Selanjutnya saat google telah mendapatkan data website kita melalui teknik SEO tadi, maka "penyaringan" berikut google akan melihat bagaimana artikel-artikel kita itu dibuat. Dan tahapan serta trik-trik ini selalu diperbaharui google setiap waktu. Yang perlu anda ingat adalah google berusaha menjadi "manusia" saat membuat peringkat dalam artikel.

Penjelasan singkat diatas setidaknya sudah memberikan kita gambaran bahwa bagaimana seharusnya kita membuat sebuah artikel agar bisa menarik perhatian google. Ibaratnya adalah, saat kita menulis artikel, kita harus mampu menempatkan diri kita yang sedang berbicara ke orang lain, dan google ada disitu untuk mendengarnya. Nah, jadi ini seperti percakapan 2 orang tetapi dinilai oleh orang ketiga.


Dari prinsip sederhana ini, sebenarnya kita sudah harus tahu bagaimana membuat artikel kita itu menarik untuk orang dan google. Sehingga tujuan kita sebagai seorang blogger dapat tercapai yaitu memberikan informasi seluas-luasnya kepada para pengunjung.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana membuat artikel kita menarik? Secara teknis memang tidak ada dan tidak pasti. Bahkan menurut saya pun, para karyawan google pun belum tentu memiliki website dengan page rank yang tinggi, meski mereka mengetahui rumus-rumus perhitungan index google dalam menetukan page rank google. Hal ini seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa saat ini google lebih seperti "manusia" yang berada diantara dua orang yang sedang berbicara. Anda sebagai pembicaranya, pengunjung sebagai pendengarnya, dan google ikut nimbrung.

Jadi secara teknis artikel yang menarik adalah bagaimana kita menuliskan pembicaraan kita yang menarik dalam sebuah blog sehingga menarik perhatian pembaca dan google itu sendiri. Dan ini tidak ada rumus pastinya. Hehehehe.


Menurut saya, untuk menjadikan blogger kita dikenal oleh Google adalah buatlah artikel sebanyak mungkin dan tetap mengutamakan kualitas. Kuantitas dan Kualitas adalah hal terbaik yang menunjang sebuah blog atau website sehingga memperoleh page rank yang baik oleh google.

Sekian dulu tips dari saya ini, semoga menjadi inspirasi kita semua dalam membuat artikel yang menarik. Salam


Author
Pito Keraf
Penulis Senior

Pito Keraf

You May Also Like