Kaum Muda dan Manfaat Kegiatan Sosial


Beberapa tahun belakang ini, masalah sampah sering menjadi pembahasan yang laris. Berbagai aksi bakti dan kegiatan sosial yang berkaitan dengan sampah digaungkan berbagai organisasi seiring eksisnya masalah itu. 

Menariknya, tak hanya kelompok tua yang memperhatikan. Tentu saja, kaum muda pun terlibat. Fenomena ini tentu juga di rasakan masyarakat luas, khususnya di Kabupaten Lembata.

Tak jarang mereka pun sering melihat, remaja dan kaum muda memikul karung sampah sambil memungut. Mungkin juga diantara remaja dan kaum muda yang memungut adalah anak mereka. 

Lalu, apa sih manfaat dari berkegiatan sosial seperti ini. Berikut oranglembata.com merangkum beberapa manfaat untuk pembaca agar dijadikam referensi: 

1. Menambah wawasan dan pengetahuan sosial

Tentu saja, hal ini tidak dapat dielak. Dalam kegiatan sosial banyak hal kita temui. Contoh saja, jika kita menjadi aktivis lingkungan kita paham harus menjaga lingkungan seperti apa, tidak menebang, melakukan reboisasi dll. Contoh lainya,  jika kita aktif dalam aksi pungut sampah, tak luput pengetahuan mengenai sampah kita kuasai. Minimal, pengelolaan sampah yang baik dan benar. 


2. Membantu pembentukan sikap dan kepribadian seseorang

Berlaku positif antar sesama memang tugas kita sebagai manusia. Nah, berkegiatan sosial bisa membantu kamu meningkatkan rasa moralitas yang tinggi. Pasalnya, ketika memutuskan menjadi seorang aktivis atau orang yang suka dengan kegiatan sosial pasti selalu bertemu orang banyak. Disini kamu bisa belajar karakter baik dari mereka yang kamu temui. 

3. Menumbuhkan semangat untuk menemukan inspirasi baru

Semakin sering kamu berkegiatan sosial, semakim besar juga peluang meningkatkan pengetahuanmu. Ketika pengetahuan kamu meningkat, kemudian dihadapkan dengan masalah sosial maka secara tidak langsung ide-ide atau inspirasi keluar dengan sendirinya. Hal ini didorong oleh diskusi-diskusi dan persoalan yang ada di organisasi maupun dilingkungan masyarakat.

4. Dapat membentuk Emotional Intelegent Quotien (EQ) atau melatih kesabaran dan emosi

Ada pribahasa yang mengatakan "Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin menerpa". Dalam organisasi tidak luput dari namanya masalah. Apa lagi kalau kamu telah eksis. Namun, dalam kegiatan sosial yang kamu geluti bisa melatih emosi kamu. Tentu saja lebih kepada rasa sabar. Contohnya, ketika melakukan aksi pungut sampah kamu sadar, jika sampah yang dibuang bukan dari lingkunganmu bahkan bukan kamu yang membuang. Tetapi, kamu dengan suka rela membantu aksi tersebut demi lingkungan yang asri dan tidak mengeluh.


Nah, sudah tau kan apa saja manfaat yang didapat ketika berkegiatan sosial. Kalau ingin merasakan manfaat dari kegiatan sosial mari bergabung dengan organisasi yang ada disekitarmu. 

Untuk kaum muda yang masih bersekolah dan bingung mencari organisasi untuk berkegiatan sosial, organisasi yang paling muda ditemui adalah pramuka. Mari bergabung untuk kembangkan pengetahuan dan eksistensimu... (***) 


Author
Ayu Zanita
Penulis Editor

Ayu Zanita

You May Also Like