Latihan Pramuka Menyenangkan


Kamu anggota pramuka? Tentu, tidak asing lagi dengan Teknik Kepramukaan (Tekpram). Untuk menjadi mahir tentu perlu latihan yang kontinu. Namun, agar latihanmu berkesan dan menyenangkan berikut oranglembata.com merangkum  tips atau petunjuk praktis latihan pramuka : 


1. Ciptakan Suasana Riang Gembira 

Pada saat latihan atau pemberian materi, suasana suka ria perlu dijaga. Pemateri bisa mensiasati materi agar menyenangkan bagi peserta. Contohnya, pada saat memberikan materi diselingi cerita lucu yang ringan, agar peserta tidak mudah bosan. 

2. Libatkan Langsung Peserta Pada Sesi Latihan 

Tips kedua ini tidak hanya melatih mental peserta agar berani tampil. Namun, seringnya melibatkan mereka dalam latihan justru dapat meningkatkan pemahaman peserta terhadap materi. Contohnya, peserta diminta memberikan mempraktik cara balik kanan yang benar dalam Peraturan Baris Berbaris (PBB), atau peserta di minta untuk memberikan aba-aba kepada peserta yang lain.

3. Budayakan Berdiskusi

Selain, menambah wawasan peserta akan merasa tertantang jika diajak berdikusi. Berdiskusi juga, dapat membuat peserta lebih aktif dan berkonsentrasi. Sehingga, tidak mudah bosan dan pikiran tetap fokus terhadap materi yang diberikan. 

4. Sediakan Waktu Istirahat Ketika Pergantian Materi

Waktu istirahat perlu dilakukan agar ada jeda peserta menyiapkan diri untuk materi selanjutnya. Selain itu, peserta dapat lebih rileks atau santai setelah menerima materi. 

5. Kondisikan Latihan dengan Baik dan Tepat Waktu 

Mengkondisikan latihan dengan baik perlu dilakukan oleh pemateri agar tidak memberikan kesan buruk terhadap peserta. Jika ada kesan buruk terhadap persiapan materi, peserta akan cendrung malas. Selain itu, ketepatan pemberian materi terhadap peserta juga penting. Biasanya, antusias mereka berkurang jika agenda yang telah di jadwalkan molor atau tidak tepat waktu. Maka, harus tepat waktu yah.. 

6. Sampaikan Materi Melalui Gaya yang Mudah Dipahami

Tips ke enam adalah sampaikan materi dengan gaya yang mudah dipahami. Jika bahasa yang digunakam terlalu berat, banyak istilah dan bertele-tela akan membuat peserta tidak mudah mengerti. Untuk itu, supaya peserta lekas memahi sebaiknya, pemberian materi menggunakan bahasa yang ringan dengan contoh-contoh yang sering dilihat oleh peserta. 

7. Memberikan Selingan Permainan Bila Mulai Jenuh 

Ketika latihan, tidak harus selalu fokus pada materi. Game atau permain juga diperlukan pada saat latihan. Pemateri juga harus pandai melihat situasi. Jika, peserta terlihat tidak antusias dan mulai bosan, game bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengembalikan semangat peserta. 

8. Terapkan Porsi Sedikit Teori, Banyak Praktik

Nah, pola pemberian materi seperti ini memang sudah sering dipraktikan. Hal ini karena tekpram memang lebih banyak praktiknya. Seperti PBB, Pionering, Sandi, Morse dll. Tujuan, memperbanyak paktik adalah agar peserta lebih aktif dan konsentrasi. Selain itu, tidak mudah ngantuk dan bosan. :-)

9. Memberikan Motivasi dan Bimbingan 

Memberikan motivasi kepada peserta rasanya perlu. Tujuannya agar mereka merasa terdorong dan tertantang untuk melakukan hal yang sama. Jika mereka terdorong untuk melakukan suatu yang baik, pemateri bisa melakukan bimbingan mudah dengan hasil yang sudah ada, agar peserta semakin semangat. 

10. Jika Perserta Salah, Berikan Peringatan Secara Halus 

Siapa saja tidak ingin dikasari. Maka dari itu, jika peserta melakukan kesalahan. Baiknya memberikan teguran secara santun. Cara ini justru lebih dipahami oleh peserta dari pada dibentak dan dimarahi. Memaharahi peserta justru membunuh karakter mereka dan membuat mereka enggan untuk bergabung lagi pada latihan berikutnya. Jadi, jika ada peserta yang melakukan kesalahan, tegur dan bimbing dengam santuan yah. 

Nah, demikiam tips-tips agar latihan pramuka mu menyenangkan. Semoga dapat dipraktikan dan bermanfaat. :-)

Author
Ayu Zanita
Penulis Editor

Ayu Zanita

You May Also Like