Tips Jago PBB untuk Anggota Pramuka


Siapa sih yang tidak tau peraturan Baris Berbaris (PBB), terlebih jika dia adalah anggota pramuka. PBB merupakan salah satu materi Teknik Kepramukaan (Tekpram) selain pionering atau tali temali, sandi, morse dan semaphore.

PBB salah satu materi yang dijagokan oleh anggota pramuka. Manfaat PBB sendiri adalah melatih daya konsentrasi, belajar mengenai solidaritas tim dan bertujuan mengatur emosi. 

Meski begitu, sebagian anggota yang baru bergabung dengan kegiatan pramuka sering mengalami kesulitan, mempraktikan gerakan-gerakan dalam PBB. Nah, bagi kamu yang kesulitan, berikut oranglembata.com merangkum petunjuk praktisnya: 


1. Kemauan untuk Balajar 

Kemauan atau niat ini penting agar menopang keberhasilan kamu dalam segala hal. Jika PBB bukan tekpram favorit, motivasi diri kamu dengan melihat hal-hal meranik dalam PBB. Contohnya, keserasian atau kekompakan ketika melakukan baris berbaris. Selain itu kamu, bisa melihat anggota pramuka yang jago PBB sebagai panutan kamu. Ini cara paling mudah untuk membangkitkan semangat dan mendorong diri kamu agar punya niat belajar. 

2. Konsentrasi 

Melakukan PBB perlu konsentrasi, agar semua pikiran fokus terhadap apa yang kamu lakukan saat itu. Poin ini penting untuk kelanjutan gerakan kamu.

3. Posisi Siap 

Sering kali pada saat latihan, yang memimpin barisan memberikan aba-aba "Siap grak". Ketika aba-aba ini diberikan, pastikan posisi kaki hingga badan kamu sempurnah. Contohnya, tangan diletakan disamping jahitan celana, dada sedikit dibusungkan agar terkesan siap dan tegas, pandangan lurus dll. Tanpa kamu sadari posisi siap ini, juga menentukan gerakan kamu pada saat pemberian aba-aba yang lain seperti jalan ditempat, balik kanan, hadap kiri maupun langkah tegak maju.

4. Kuasai Teori 

Sebelum mempraktikan PBB, pemateri wajib memberikan sedikit teori mengenai PBB. Contohnya, aba-aba di bagi atas berapa, aba-aba yang benar seperti apa, putaran untuk aba-aba hadap adalah 45 derajat, putaran untuk aba-aba balik kanan adalah 90 derajat  dll. Jika pemateri tidak memberikan pemahaman mengenai teori PBB, kamu bisa searching atau mencari tau sendiri mengenai PBB. Jika teori dan dasar PBB sudah di ketahui, maka dapat memudahkan kamu dalam praktiknya. 

5. Pahami Aba-aba 

Sebelum melaksanakan aba-aba kamu perlu pahami aba-aba yang diberikan. Aba-aba yang diberikan tidak sembarang untuk dipraktikan. Contoh aba-aba "Langkah tegap maju, jalan!". Pahami jika, "Langkah tegap maju" adalah aba-aba perintah agar melangkah dengan posisi badan tetap tegap. Begitupun dengan aba-aba yang lain. 

Nah, jika lima tips diatas sudah dipahami maka praktik PBB kamu mudah. Bagi kamu yang baru belajar pastikan tetap konsentrasi dan selamat mencoba. :-)

(***)


Author
Ayu Zanita
Penulis Editor

Ayu Zanita

You May Also Like