Bidang dan Tugas Dalam Pramuka Peduli


Kamu anggota Pramuka Peduli? Sudah tau belum, apa saja bidang dan tugas dalam pramuka peduli? Sebelum itu, kamu perlu tau mengapa pramuka peduli perlu di bentuk. 

Program Pramuka Peduli, telah dilaksanakan sejak tahun 2002. Maksud program ini, agar anggota gerakan pramuka lebih peduli terhadap lingkungan masyarakat yang sering mengalami bencana. 

Untuk memudahkan pelaksanaan tugasnya, maka dibentuklah bidang-bidang dalam pramuka peduli. Apa saja bidang dan tugas dari pramuka peduli, berikut oranglembata.com merangkumnya : 

1. Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia 

Bidang ini bertugas meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota pramuka dan menggerakan partisipasi masyarakat untuk membudayakan kehidupan belajar, bekerja dan membangun. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah, pelatihan atau pendidikan mengenai pendampingan di bidang kewirausahaan. Memberikan sosialisasi mengenai bahaya sampah pelastik, dampak membuang sampah sembarang dll.  


2. Bidang Penanggulangan Bencana 

Bidang ini betugas meningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota pramuka terkait penanggulangan bencana dan upaya pencegahanya. Kemudian, melaksanakan koordinasi dengan pihak terkait dalam penanggulangan bencana dan memberikan bantuan dalam bentuk bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang terkena bencana. Kegiatan yang dapat dilakukan Bidang Penanggulangan Bencana diantaranya dibagi menjadi dua: 

 a) Pelatihan (Tahap pra bencana) 

  • Pelatihan manajemen bencana 
  • Pelatihan penanggulangan bencana berbasis masyarakat
  • Sosialisasi penanggulangan bencana
  • Pelatihan pasukan penolong

 b) Aksi Pramuka Peduli  

  • Tahap terjadi bencana


3. Bidang Pelestarian Lingkungan Hidup

Bidang ini bertugas meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota pramuka mengenai berbagai masalah yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. Kegiatan yang dapat dilakukan bidang ini diantaranya, pelatihan pengelolaan sampah terpadu, pelatihan daur ulang sampah dll. Kemudian, bidang pelestarian lingkungan juga dapat melakukan aksi bersih-bersih pantai, laut, aliran sungai dan penghijauan.  

Nah, sudah tau kan apa saja bidang di dalam pramuka peduli dan tugas-tugas yang harus dilakukannya. Kalau sudah, semoga bermanfaat dan selamat bekerja!! :-) 

Author
Ayu Zanita
Penulis Editor

Ayu Zanita

You May Also Like