Pramuka Peduli dan DKR Kwarran Nubatukan Mengikuti Sekolah PRB-API


oranglembata.com - Anggota Pramuka Peduli dan Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwartir Ranting Nubatukan mengikuti Sekolah PRB-API di Aula Yayasan Bina Sejahtera (YBS). Kegiatan dilaksanakan pukul 15.30 Wita, Sabtu (19/10). 

Kegiatan ini diprakarsai oleh Devisi Pendidikan Penelitian dan Pengembangan (Diklitbang) Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Kabupaten Lembata dalam rangka memperingati bulan PRB sedunia. 

Sekolah PRB-API kali ini, peserta menerima materi mengenai Pengurangan Risiko Bencana (PRB), Adaptasi Perubahan Iklim (API) dan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Ketiga materi ini dibawakan oleh Kornelia Penate, Hyasintus Lama dan Gregorius Solang Demo.


Materi ini, diharapkan dapat menambah kapasitas DKR dan Pramuka Peduli dalam aksi pengurangan risiko bencana. Selain itu, mereka dapat membagikan hal-hal yang telah dijelaskan kepada teman sebaya yang ada dilingkungan rumah dan sekolah.  

Menariknya pada sesi terakhir, peserta ditantang melalukan ekobrik atau memasukan sampah dalam botol kosong. Ekobrik ini akan dikelola menjadi barang kreatif seperti kursi, meja dan barang yang dapat digunakan lagi. 


Hasil dari ekobrik, kemudian akan diposting pada akun media sosial masing-masing peserta. Hal ini bertujuan mengajak masyarakat untuk mendaur ulang sampah pelastik dan dikelola sekreatif mungkin. (***) 

Author
Ayu Zanita
Penulis Editor

Ayu Zanita

You May Also Like