Sambangi Sekolah, Ketua Kwarran Barikan Materi Penerapan Ektrakurikuler Pramuka


oranglembata.com - Kwartir Ranting (Kwarran) Nubatukan, memberikan materi Penerapan Ektrakurikuler Pramuka di SD Impres 1 Lewoleba. Pemberian materi ini dalam rangka Kegiatan Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, di selenggarakan oleh Sekolah Induk Zonasi SD Impres 1 Lewoleba, pukul 11.00 Wita, Jumat (15/11). 



Materi yang diberikan salah satunya adalah, dasar atau landasan pelaksanaan gerakan pramuka. Karena peserta berasal dari SD maka materi juga menyinggung mengenai ragam kegiatan pramuka siaga. 

Ketua Kwarran Nubatukan, Adrian P.N Pito Keraf mengatakan, gerakan pramuka berbeda dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Gerakan Pramuka bersifat independen. 


"Yang dimaksud penerapan ektrakurikulum kepramukaan dalam kurikulum saat ini adalah, penerapan nilai-nilai kepramukaanya," ungkap lelaki yanh akrab di sapa Pito Keraf itu. 

Dalam sekolah, sebenarnya tidak harus semua murid  mengikuti kegiatan kepramukaan. Namun, nilai-nilai kepramukaan seperti bertangung jawab dapat dipercaya, kecintaan terhadap tanah air dan bangsa, kedisiplinan, keberanian dan kesetiaan, serta memiliki rasa tolong menong, dsb perlu diterapkan oleh semua murid. 

Materi ini,  berkaitan dengan Kurikulum 13 (K-13) yang mewajibkan ektrakurekuler kepramukaan disetiap sekolah. Sehingga, setiap sekolah wajib melakukan koordinasi dengan Kwarran terkait dengan kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan. 

"Maka, kita semua harus bisa membedakan gerakan pramuka itu bukan organisasi bawahannya sekolah. Kami punya AD/ART tersendiri," pungkasnya. (***) 

*Humas Kwarran Nubatukan

Author
Ayu Zanita
Penulis Editor

Ayu Zanita

You May Also Like