Seperti Apa Peran Pemuda Dalam Organisasi?

Perkembangan jaman yang sangat pesat membuat terkadang kita lupa akan bagaimana melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan positif sosial kemasyarakatan. Kita sebagai orang muda cenderung hanya ingin melakukan sesuatu untuk menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak berguna misalnya, duduk (nongkrong) di pinggir jalan atau emperan toko bahkan ada juga yang menghabiskan waktunya hanya dengan minum-minuman keras. Tidak cuma itu, lebih banyak kaum muda saat ini menghabiskan waktu mereka hanya dengan tidur atau bermain game. Hal-hal itu memang sangat menggoda bagi mereka yang tidak mempunyai kegiatan lain atau terlibat dalam organisasi sosial kemasyarakatan.


Sebenarnya perlu kita ketahui bahwa dengan melibatkan diri dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan akan mendatangkan banyak manfaat bagi masing-masing individu kita. Contohnya adalah, kita akan dapat berinteraksi dengan banyak orang, menemukan ide-ide positif untuk membuat sebuah kegiatan, melakukan penilitian kecil tentang isu-isu aktual yang sedang hangat di masyarakat. Atau paling tidak, kita dapat melatih pribadi kita untuk berbicara dan mengemukakan pendapat di depan banyak orang. Ini tentunya secara perlahan akan memberikan dampak positif bagi diri kita.

Remaja masa kini sepertinya ingin memiliki sesuatu yang instan dan tidak mau berupaya membangun diri sendiri serta belajar dari lingkungan. Bergaul dengan orang yang tepat adalah salah upaya kita untuk mengasah kemampuan diri kita. Kita pun perlu berhati-hati jika berkumpul bersama teman-teman sebaya atau memiliki hobi yang sama. Selektif dalam memilih mentor atau panutan juga merupakan hal yang sangat penting ketika kita bergabung bersama.


Author
Pito Keraf
Penulis Senior

Pito Keraf

You May Also Like