Peringati Hari Peduli Sampah Anggota Pramuka Menulis Pesan


Dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, ada penyajian berbeda dari anggota pramuka dilingkup Kwartir Ranting (Kwarran) Nubatukan. Khususnya Gugus Depan (Gudep) yang berpangkalan di SDK 1 St. Tarsisius Lewoleba. 

Bersama Pena Literasi Lembata (Pelita) anggota muda dipangkalan tersebut belajar menulis. Hasil tulisannya ini pun dirangkum oleh oranglembata sebagai berikut: 

1. "Ayo semua kita membersihkan dunia dari sampah. Agar, kita tak kena penyakit demam berdarah dan tumbuhan pun tak layu" ~ (Kadek Valentino Dio-8thn) 


2. "Hari ini adalah hari sampah, pesan saya ayo buang sampah pada tempatnya. Kalo kita membuang sampah pada tempatnya lingkungan akan bersih. Kita juga bisa mendaur ulang sampah. Cara mendaur ulang sangat mudah" ~ (Jenifer Odilia Margaret-10thn) 

3. "Siapkan tempat sampah, jagalah kebersihan lingkungan, kuburlah sampah kaleng, jangan membakar sampah daun" ~ (Walili Irwan-11thn) 

4. "Kalau kita habis minum atau makan jajanan, sampahnya jangan dibuang. Kita bisa membuat sampah menjadi suatu barang, misalnya alas kaki" ~ (Petronela S.V Oleona-8thn) 

5. "Selamat Hari Sampah. Sampah adalah kotoran yang mencemari lingkungan dan ekosistemnya. Agar terhindar dari sampah, ayo buang sampah pada tempatnya. Dengan membuat Gerakan Pungut Sampah (GPS) lingkungan menjadi asri. Tempat menjadi nyaman dan terhindar dari diare" ~ (Sisilia C. Hilary Chandra Jaya-10thn) 

6. "Teman-teman kita harus membuang sampah pada tempatnya. Sampah mengakibatkan tanah longsor dan banjir" ~ (Anolda Sabu Tukan-10thn) 

7. "Hai kawan-kawan hari ini hari sampah. Jangan membuang sampah sembarangan yah. Jangan lupa lakukan dan beritahukan teman-teman yang lain soal ini agar lingkungan bersih" ~ (Kasih-9thn) 

8. "Teman-teman kita harus peduli dan mengurangi sampah" ~ (Meilian Maria Maak-8thn) 

9. "Jika kita ingin berbelanja, maka kita perlu membawa wadah pribadi untuk mengurangi sampah prastik. Teman-teman ayo kita cegah membuang sampah organik dan non organik sembarangan, agar nyamuk tidak menyerang" ~ (Ivania Kornaila-8thn) 

10. "Bila kita memakan permen dan tidak menemukan tempat sampah. Maka bungkus permen itu bisa kita simpan untuk sementara di saku baju atau celana hingga menemukan tempat sampah" ~ (Alexander Mado Kares-10thn) 


Nah, demikian  pesan-pesan dari anggota pramuka yang dirangkum oleh oranglembata. Bagaimana, ada yang sudah melaksanakan pesan adik-adik pramuka ini?? :-) 


Author
Ayu Zanita
Penulis Editor

Ayu Zanita

You May Also Like