Cara Mengendalikan Stres


Stres dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar atau ketegangan. Siapa pun diantara kita tentu pernah mengalami hal ini. 
Terkadang, stres akan berlanjut jika tidak diatur dengan baik. Tentu ini akan berdampak buruk untuk kesehatan mental juga fisik. Kali ini, oranglembata.com mencoba merangkum cara mengendalikan stres, untuk kalian yang sedang mengalaminya: 
1. Menulis 
Dalam satu kutipan dari Theoresia Rumthe mengatakan "Menulislah jangan sampai bunuh diri". Tidak disadari kutipan ini punya dampak yang positif. Menulis dapat menjadi alternatif kamu untuk mengelola stres. Unek-unek atau kegelisaan yang tidak sempat disampaikan, dapat dituliskan untuk menyalurkan emosi. Kalau  zaman dulu orang-orang biasa menyebutnya buku diary. Menulis dapat membangun pola pikir, memilah hal-hal yang perlu dihindari, diantisipasi dan hal yang harus dilakukan. Dampak positif lainnya adalah, mendapatkan solusi dari persoalan. 
2. Lakukan Hal-hal yang Disenangi (Hobi)
Cara mengendalikan stres berikutnya adalah lakukan hobimu. Yang perlu diingat adalah "Segala gangguan dalam tubuh tidak untuk dihakimi, melainkan untuk diberikan perhatian penuh". Ketika mengalami stres, diri kita yang merasa terganggu. Tentu yang harus diperhatikan adalah diri sendiri. Bukan anggapan orang lain mengenai masalahmu. Maka, beri perhatian penuh dengan cara lakukan hal-hal yang disenangi. Seperti bermain musik, membaca, makan, berolahraga, bersosialisasi, berjalan-jalan dan apapun hobimu yang mampu menarik energi positif untuk memperbaiki keadaan mental. Karena lawan kata dari sedih adalah bahagia. Maka, perlu melakukan hobimu untuk membahagiakan diri. 
3. Bertemu dan Berbicara dengan Orang Lain
Berikutnya adalah, bertemu dan berbicara dengan orang lain. Ketika memeliki masalah, orang-orang cendrung mengurung diri karena mood mereka yang tidak baik. Berdiam diri di dalam kamar memang salah satu cara untuk kita mengintrospeksi diri. Namun, tidak untuk berlarut larut. Ini justru meningkatkan stres, karena yang dipikirakan adalah hal-hal yang sama. Maka disarankan untuk bertemu dan bercerita dengan orang lain. Ketika kita bercerita atau berdiskusi, setidaknya kita dapat melupakan masalah yang terjadi. Paling penting ketika bercerita, apa lagi yang diceritakan adalah hal-hal lucu, tentu dapat memperbaiki suasana hati yang risau. Maka, jangan mengurung diri dan uring-uringan terus, yah! 
4. Meditasi 
Saran yang terakhir adalah meditasi. Dalam KBBI meditasi adalah pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Jika yang kalian inginkan adalah ketenangan, meditasi dapat menjadi alternatif untuk mengendalikan stres. Ketika melakukan meditasi kita hanya perlu memfokuskan pikiran dan perasaan kita kepada tubuh tanpa mikirkan hal-hal keduniawian. Bagi kamu yang belum pernah melakukan meditasi, disarakan untuk melakukan meditasi dasar. Seperti duduk bersila dan menegakan badan. Menarik napas melalui hidung dan keluarkan berlahan dari mulut. Lalu, berkonsentrasi dengan apa yang dirasakan oleh tubuhmu. Ini dapat mengurangi perasaan sedih dan mengurangi stres melalui energi negatif yang dikeluarkan.
 
Nah, itu adalah cara untuk megendalikan stres. Ketika stres dapat disikapi dengan baik dan dikendalikan maka, akan berubah menjadi austres atau stres yang bikin produktif. Selamat mencoba. :-) 
Author
Ayu Zanita
Penulis Editor

Ayu Zanita

You May Also Like