Menjadi Orang-Orang Inspiratif


Menjadi seseorang yang memberikan pengaruh positif kepada orang lain tentu bukan hal yang mudah. Orang-orang tentu mempunyai standar tersendiri untuk menyukai orang lain dan menjadikan mereka inspirasi. 

Jika ingin menjadi seseorang yang memberikan semangat kepada orang lain pastinya membutuhkan proses panjang. Namun, dari sekarang kita bisa mempersiapkan diri untuk itu. Berikut oranglembata merangkum : 

1. Manfaatkan Potensi Sejak Dini 

Pada usia sekolah, waktu-waktu ini harus dimanfaatkan dengan baik. Anak dan Remaja  di era sekarang mempunyai banyak jaringan dan wadah untuk mengembangkan potensi. Jika dibandingkan dengan menghabiskan waktu ditempat tongkrongan untuk bermain game dan membahas perkembangan kabar yang viral di media sosial, alangkah baiknya waktu ini dimanfaatkan untuk mencari wadah dan pengembangan karakter yang sesuai. 

Awal mula menjadi seorang yang inspiratif adalah dari mana karakter kita dibentuk dan dari mana pola pikir kita dibangun. "Anak dan remaja harus memanfaatkan waktu dengan baik. Jika mempunyai waktu luang sebaiknya diisi dengan hal-hal positif. Ini disarankan mengingat kasus kekerasan dan perempuan terus terjadi" ~ (Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Dr. Susanto) 

2. Jaga Pergaulan 

Pergaulan juga berpengaruh dalam pembentukan pribadi yang positif. Sebelum menjadi orang yang menberikan inspirasi kepada orang lain tentu yang perlu diperhatikan secara penuh adalah diri sendiri. Maka, pergaulan juga menjadi salah satu faktornya. Jika kita bergaul dengan orang-orang yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan bersenang-senang dan berhura-hura, kebiasaan ini akan menular kepada diri kita. Jika sebaliknya, kita bergaul dengan orang-orang yang senang mengembangkan diri, maka hal-hal ini akan tersalurkan juga. Sebab, hal-hal yang dibicarakan atau didiskusikan setiap harinya akan membentuk passion yang akan dijalani dalam hidup. 

3. Jujur 

Demikian sebabnya orang-orang tua zaman dulu mengatakan, "Tidak boleh berbohong, itu dosa". Bersikap jujur harus ditanamkan sejak dini. Semua orang pasti menyenangi dan tertarik pada orang-orang jujur. Menjadi seorang yang memberikan inspirasi tentu harus memberikan kejujuran atau mengajari orang lain untuk bersikap jujur. Tidak menutup kemungkina, ketika diantara kita bernasip menjadi seorang pemimpin akan bersikap terbuka kepada anggota kita. Jujur juga salah satu cara untuk menjaga dan mempertahankan orang-orang disekitar kita. 

4. Ramah 

Ramah juga bisa menjadi salah satu faktor bagaimana kita memberikan pengaruh baik kepada orang lain. Tingkah laku dan pembawaan diri memberikan kesan orang lain untuk menilai kita, pantas untuk dijadikan inspirasi atau sebaliknya. Bila kita ramah, bersikap baik dari hati kepada orang lain tentu mereka akan nyaman. Tidak menutup kemungkinan orang lain menginginkan tetap berinteraksi dan belajar bersama. Tidak dapat dipungkiri orang-orang menjadikan orang lain sebagai inspirasinya karena sikap ramah dan pembawaan diri yang positif. 

Nah, demikian hal-hal dasar yang dapat membantu diri memberikan pengaruh baik kepada orang lain versi oranglembata. Perlu diingat, kesuksesan yang paling baik adalah, ketika kita bermanfaat untuk manusia lain dan membantu orang lain untuk ikut bermanfaat. Selamat menjadi inspiratif! :-) 


Author
Ayu Zanita
Penulis Editor

Ayu Zanita

You May Also Like