Ayo Menulis!!

Lagi-lagi kemajuan internet saat ini sangat berdampak pada cara penyaluran informasi. Dahulu saat ingin berkomunikasi dengan seseorang ditempat yang berbeda, kita harus menggunakan surat. Atau dahulu saat kita ingin memperoleh berita kita harus membaca koran. Namun saat ini dengan kemajuan internet yang begitu pesat, hampir disetiap daerah telah memiliki akses ke jaringan internet, walaupun masih dapat dikatakan sangat terbatas. Akan tetapi paling tidak kita dapat mengaksesnya.


Salah satu tujuan dengan adanya internet adalah mempercepat arus komunikasi dan informasi. Dengan menggunakan internet dan dibantu oleh search engine seperti htttp://www.google.com membuat kita seperti sangat mudah mendapatkan informasi yang diketahui. Meski demikian, dengan berbagai kemudahan yang ada sangat diharapkan kita sebagai penguna internet dapat memilah informasi-informasi tersebut.

Informasi merupakan suatu berita yang disediakan dengan maksud agar diketahui oleh orang lain. Untuk membuat sebuah informasi atau berita hal paling mendasar yang dibutuhkan adalah dengan cara menulis. Baik itu menulis di surat, koran maupun pada website, semua itu tetap membutuhkan kemampuan yang baik.

Dalam berbagai kesempatan saya sering mengatakan kepada orang-orang muda terlebihnya kepada Anggota Pramuka di Kwartir Ranting Nubatukan untuk selalu rajin menulis. Menulis apapun tentang apapun, dan memuatnya di website atau blog pribadi. Hal ini sangat baik dan akan terasa manfaatnya dikemudian hari.

Selain dengan cara menulis kita dapat memberikan manfaat kepada masyarakat melalui penyebar luasan informasi namun disisi lain dengan menulis kita dapat meningkatkan kualitas atau kemampuan kita. Apalagi jika dimulai sejak dini, maka suatu saat nanti kita dapat menghasilkan karya - karya yang baik untukĀ  banyak orang.

Beberapa alasan saya mengatakan pentingnya menulis antara lain adalah :

  1. Menulis memberikan informasi kepada orang lain : tentu sangat baik apabila kita sebagai seorang yang paham atau yang ingin belejar tentang informasi dan komunikasi saat tulisan kita dibaca oleh orang lain. Saat ini bertebaran informasi-informasi di internet melalui search engina http://www.google.com yang dapat kita akses kapanpun dan dimanapun. Contohnya, dengan menulis kita dapat memberikan informasi-informasi yang positif tentang daerah kita dalam hal ini saya sering menulis tentang Kabupaten Lembata.
  2. Apapun idenya, cobalah ditulis. Terkadang hambatan yang paling besar bagi seseorang dalam menulis adalah ide. Ide untuk menentukan apa yang akan ditulis seolah menjadi mimpi buruk bagi kita yang baru ingin belajar, atau yang biasa disebut sebagai pemula. Namun ada tips yang dapat saya berikan. Jika anda ingin belajar menjadi seorang penulis di website atau blog seperti yang sedang saya geluti saat ini, hal terpenting adalah niat. Niat untuk memulai sesuatu adalah modal dasar bagi kita sebagai pemula. Selanjutnya adalah tips kedua yaitu tulislah apapun yang ada dalam pikiran anda. Contoh, saat saya memulai tulisan ini yang terlintas dalam pikiran saya hanya "Ayo Menulis". Ya, dua kata itulah yang terlintas dalam benak saya saat saya membuat tulisan ini. Namun seperti anda lihat bahwa meskipun hanya berawal dari dua buah kata, saya dapat menghasilkan sebuah tulisan yang cukup panjang.
  3. Anda tidak perlu menilai tulisan anda sendiri. Ini tips selanjutnya dari saya. Apapun tulisan yang anda buat, sebaiknya anda membuatnya dengan gaya anda sendiri. Dan anda tidak perlu takut atau khawatir bahwa tulisan anda itu baik atau buruk. Biarkanlah orang yang membacanya yang menilai, terlebihnya biarkanlah google yang menilai itu. Mengapa saya memberikan tips ini, sebab dari pengalaman saya saat ingin belajar mengelola sebuah blog atau website, terkendala pertama adalah konten yang harus saya sediakan. Ini merupakan hambatan, karena setiap saya ingin menulis sesuatu terkadang saya terjebak dengan pikiran apakah tulisan yang saya buat ini akan diterima oleh orang atau tidak. Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa saat anda memiliki sebuah website atau blog sendiri, maka dengan sendirinya anda adalah boss atau pemilik sebuah kantor berita. Jadi karya atau tulisan apapun yang anda buat, tentu itu terserah anda. Oleh sebab itulah saya kemudian berpikir bahwa jika saya masih memikirkan tentang pendapat orang lain terhadap tulisan saya, maka saya tidak dapat mengejar target yang telah saya tetapkan.
  4. Rajin-rajinlah membaca artikel orang lain, seperti yang sudah pernah saya tulis tentang bagaimana Mengelola Blog atau Website maka rajin membaca sebuah artikel atau tulisan di blog lain adalah hal yang perlu dilakukan saat anda ingin belajar membuat tulisan pada blog atau website anda.

Demikianlah beberapa hal yang bisa saya sampaikan, rajin-rajinlah mengunjungi http://oranglembata.com untuk selalu mendapatkan informasi atau tips lainnya.

Salam www.oranglembata.com

Author
Pito Keraf
Penulis Senior

Pito Keraf

You May Also Like