Smater Adakan Orientasi, Ketua Kwarran Tegaskan Tugas Pembina


oranglembata.com - Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Frater Don Bosco Lewoleba melaksakan Orientasi Kepramukaan untuk pembina. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.00 Wita, Sabtu (7/3). 


Turut hadir dalam orientasi ini, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Lembata, Sekretaris Kwarcab, Humas Kwarcab, Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Nubatukan beserta rombongan. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman mengenai kepramukaan bagi pembina Gugus Depan (Gudep). 


Ketua Kwarcab Lembata, Simon Terri Langobelen mengatakan, orientasi ini menentukan arah yang tepat dan benar untuk meningkatkan keterambilan guru-guru sebagai pembina pramuka. 


"Kami merasa bangga kepada mabigus dan yayasan yang berinisiatif mengadakan kegiatan ini. Orientasi ini bisa menjadi contoh untuk gugus depan yg lain. Mengingat gerakan pramuka tidak untuk satu dua orang saja. Namun, semua guru terlibat untuk mentransfer gerakan pramuka kepada anak didik," ungkapnya dalam sambutan. 


Ketua Kwarran Nubatukan, Pito Keraf mengatakan, Kwarcab dan Kwarran bekeja keras dalam pengembangan karakter, maka para pembina harus bisa menjadi pilar utama dalam usaha-usaha pramuka. 


Pembina juga harus belajar bagaimana menjadi seorang pembina. Dia memberikan contoh yaitu, para pembina harus bisa memberikan bimbingan bagi peserta didik. Ini merupakan tuntutan.


"Sama halnya bapak ibu ketika menjadi Guru. Orang yang menjadi pembina, juga patut memberikan contoh kepada peserta didik. Maka mari kita berpikir untuk menghasilkan karakter anak Lembata yang kuat," ungkap Pito. 


Ditegaskan lagi, pembina harus bisa dan berani mendorong adik-adik kita untuk berorganisasi, khususnya dalam bidang pramuka. Selain itu, pembina juga dapat melatih peserta didik untuk berbicara di depan umum dan dapat berinteraksi dengan banyak orang. 


Ada banyak materi-materi mengenai kepramukaan. Pramuka tidak hanya berkemah dan bertepuk tangan. Pembina harus bisa membawa peserta didik keluar dari pemikiran tersebut. Sehingga, menciptakan kegiatan-kegiatan yang inovatif. 


"Memanfaatkan media informasi yang ada untuk menjawab tuntutan organisasi, yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pramuka sebagai seorang pramuka. Tips dan triknya adalah Menguasai Dasa Dharma Pramuka," pungkasnya. (***)

Author
Ayu Zanita
Penulis Editor

Ayu Zanita

You May Also Like