Jenis-jenis penginapan



 Ada beberapa jenis penginapan yang bisa disewa dan digunakan sebagai tempat menginap atau tinggal sementara berdasarkan fasilitas, pelayanan dan harga sewa. Berkaitan dengan penginapan (akomodasi) terdapat pengertian okupansi adalah jumlah unit kamar yang sudah dihuni atau sudah disewa di dalam sebuah penginapan.

Berikut beberapa jenis penginapan yang ada di Indonesia.

Hotel

Hotel adalah usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dan setiap orang dapat menginap, makan, serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran. Hotel memiliki 2 jenis yaitu hotel berbintang dan hotel nonbintang berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan.

Boutique Hotel

Boutique Hotel ini adalah jenis hotel dengan jumlah kamar yang tidak terlalu banyak dan lebih dikhususkan untuk memanjakan tamu yang menginap. Desain bangunan hotel sangat mewah dan modern dengan jumlah kamar antara 10 – 50 kamar sehingga harga sewa mahal.

Resort

Resort adalah jenis penginapan yang dibangun di daerah yang memiliki pemandangan alam yang indah seperti daerah pantai atau pegunungan dengan fasilitas yang mengedepankan unsur rekreasi berupa sarana olahraga, hiburan, taman bermain anak ataupun tempat belanja.

Cottage (Bungalow)

Cottage atau sering disebut bungalow mirip dengan resort yaitu akomodasi yang berlokasi di sekitar pantai, danau  atau pegunungan dengan bentuk bangunan – bangunan terpisah seperti pondok. Umumnya disewakan untuk keluarga dan dilengkapi dengan fasilitas rekreasi.

Villa

Villa adalah jenis penginapan berbentuk rumah hunian yang biasanya disewakan untuk tempat tinggal sekaligus berlibur. Villa umumnya berada di daerah yang jauh dari keramaian di daerah pegunungan atau pantai dengan hawa sejuk dan suasana asri.

Losmen (Logement)

Losmen adalah jenis penginapan yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan disewakan untuk orang yang datang untuk beristirahat sementara waktu dengan/ tanpa makan – minum.

Inn

Inn mirip dengan losmen yaitu tempat yang menyediakan penginapan, makan dan minum, serta pelayanan umum lainnya, disewakan kepada orang – orang yang singgah untuk sementara waktu dengan jangka waktu menginap terbatas.

Motel

Motel singkatan dari motor hotel yaitu penginapan yang terletak di luar kota dan berada di pinggir jalan raya. Umumnya jenis penginapan ini dikhususkan bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan antar kota dan butuh menginap. Motel hampir sama dengan hotel namun memiliki tempat parkir mobil dekat dengan kamar.

Guest House

Guest House merupakan sejenis penginapan yang umumnya berupa rumah dengan beberapa kamar untuk disewakan kepada umum. Umumnya tarif sewa Guest House murah sehingga cocok untuk rombongan.

Home stay

Home stay mirip dengan guest house jenis penginapan yang berasal dari rumah masyarakat umum yang telah ditingkatkan fasilitas dan sarananya, sehingga memenuhi syarat – syarat kesehatan, yang disewakan kepada wisatawan.

Hostel (dormitori)

Hostel ini jenis penginapanyang mirip asrama dimana satu kamar bisa diperuntukkan bagi beberapa orang dengan beberapa tempat tidur. Hostel ini cocok untuk para backpacker atau rombongan yang benar-benar menghemat budget. Contoh hostel Dormitory Backpackers Di Banyuwangi

Author
Pito Keraf
Penulis Senior

Pito Keraf

You May Also Like