Penting Memiliki Sebuah Website

Kehadiran teknologi www(world wide web) merupakan kemajuan yang luar biasa dalam dunia teknologi informasi. Hampir dapat dikatakan mampu menggeser peranan sebuah media informasi cetak seperti koran maupun majalah. Hadirnya teknologi ini membuat transformasi besar-besaran terhadap dunia jurnalistik. Dengan adanya teknologi ini banyak sekali media cetak beralih menjadi media online.

Lantas bagaimana keuntungan yang didapat?

Apabila anda bertanya seperti apa keuntungan dalam memiliki sebuah website, maka jawabannya ada relative. Jika anda ingin disebutkan sebuah angka, baik saya akan mencoba menyebutkan sebuah angka, bagaimana jika saya menyebutkan bahwa pendapatan sebuah website itu hampir mencapai Rp 2.000.000 rupiah per bulan? Apakah masuk akal bagi anda?

Jika anda masih kurang mempercayainya, maka saya akan mencoba menjelaskan kembali.

Sebuah website ibarat sebuah rumah atau toko yang anda miliki di dunia maya. Dalam kaitan dengan bahasan kita diatas, tentang media online. Maka anggaplah website anda adalah sebuah ruang terbuka untuk membaca. Dan semua berita atau artikel yang anda buat, gratis. Tidak dipungut biaya apapun dalam membaca berita atau artikel. Lalu pertanyaan, jika penghasilan website sebesar Rp 2.000.000 per bulan, dari mana penghasilannya?
Jawabannya adalah dari iklan google adsense. Dengan GA (google Adsense) anda akan dibayar oleh pemasang iklan.

Nah kembali kepada perumpamaan tadi, bahwa dengan memiliki sebuah website ada ibaratnya mempunyai sebuah ruang terbuka untuk membaca, jika artikel, berita atau materi yang anda hadirkan dalam website anda menarik tentu dengan sendirinya akan banyak pengunjung yang akan datang ke website anda. Nah disinilah keuntungan dari memiliki sebuah website. Dengan memiliki sebuah website anda dapat memasang iklan menggunakan google adsense yang akan membayar anda.

Dari penjelasan teori diatas tentu menurut anda sangat mudah untuk mendapatkan rupiah dari website. Tetapi tidaklah semudah itu. Selain memiliki jumlah pengunjung yang banyak, website anda harus mampu memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan oleh google, sehingga anda dapat menampilkan iklan diwebsite anda.

Selain itu, ada juga tantangan-tantangan yang harus anda lalui apabil anda ingin memiliki penghasilan tambahan dari website yang anda miliki. Misalnya anda harus memiliki artikel dan semuanya adalah unik dan menarik. Artikel dalam sebuah website sangat diperlukan, dengan minimal jumlah yang harus disediakan menurut perhitungan saya sekitar 500 - 1000 artikel dalam sebuah website, dengan catatan artikel sebanyak itu haruslah artikel yang unik (bukan hasil copypaste) dan menarik untuk dibaca. Dengan jumlah artikel sebanyak itu, anda bisa mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak, yang otomatis dapat menghasilkan jumlah pengunjung website anda.

Lantas bagaimana dengan www.oranglembata.com berapa jumlah artikel yang telah dibuat dalam website ini? Sebenarnya website ini masih terbilang sangat baru, sehingga jumlah artikel yang baru saya buat kurang lebih sekitar 60an artikel. Otomatis dengan jumlah tersebut, saya belum dapat melihat berapa banyak keuntungan yang akan saya dapatkan dengan menggunakan google adsense dan juga dengan jumlah pengunjung yang masih sedikit tentunya saya harus lebih bekerja keras lagi dalam membuat artikel dan meningkatkan jumlah pengunjung website saya.

Untuk itu tentu saya juga mengharapkan bantuan dari teman-teman, terkhususnya teman-teman dari Kabupaten Lembata NTT, mari bersama membangun website ini, caranya cukup mudah, teman-teman cukup mengirimkan artikel apa saja kepada saya, dan saya akan memuatnya dalam website oranglembata.com.

Jika teman-teman tertarik maka silahkan mengirimkan email kepada admin[at]oranglembata.com


Author
Pito Keraf
Penulis Senior

Pito Keraf

You May Also Like